Motivasi Camat Serpong di Kelurahan Cilenggang Jelang Turunnya Dana Kelurahan

0
34

proaksi.co.id, TANGERANG- Camat Serpong sebut Kelurahan Cilenggang merupakan wilayah terakhir melaksanakan prosesi Lepas Sambut dan Serah Terima Jabatan Lurah Cilenggang Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Bahwa dari 9 Kelurahan se Kecamatan Serpong, Mursinah selaku Camat Serpong mengungkap Kelurahan Cilenggang yang saat mempunyai Lurah definitif yakni Umar Dhani S.Sos., dianggap sebagai pejabat lurah yang kapasitasnya sudah memadai.

“Para Lurah saat ini semua sudah mendapat Bimtek dari Kemendagri,” cetusnya, Kemarin (21/12).

Hal ini juga ia sampaikan kepada seluruh masyarakat yang hadir, berkaitan dengan pengelolaan operasional Kelurahan di Tahun 2019 mendatang akan dikelola sendiri oleh Lurah selaku penanggung jawab Dana Kelurahan yang bakal digelontorkan oleh Pemeritah Pusat melalui APBN, yakni masing-masing Kelurahan sebesar Rp. 300 juta lebih. “Ini dalam upaya pemerataan pembangunan dalam hal pemberdayaan masyarakat serta sektor infrastruktur,” ucap Mursinah.

Dirinya dalam kesempatan ini juga memotivasi peran serta para Pengurus dan Kader PKK Kelurahan Cilenggang, bahwa Program PKK mendatang akan lebih banyak. “Karena bagaimanapun kinerja Kelurahan juga tak terlepas dari peran serta masyarakatnya dan para ibu-ibu PKK,” tuturnya.

Lanjut, juga dalam bidang Kesehatan, PKK juga menjadi ujung tombak datipada Puskesmas-puskesmas yang ada. “Tahun 2019 mendatang, program 1 Rumah 1 Jumantik juga sudah harus dilaksanakan,” imbuhnya.

Ia juga menyebut tak banyak infrastruktur Jalan di Kelurahan Cilenggang yang musti harus diperbaiki. “Sebagian besar Jalan dan Jembatan merupakan milik provinsi (Banten),” tandas Camat Mursinah

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu sebelumnya, di Serpong Utara, Walikota Tangerang Selatan mengatakan bahwa dana kelurahan akan dipertanggung jawabkan masing-masing Lurah sebagai pimpinan administrasi di wilayah.

Kuasa pengguna anggaran adalah para Lurah. Uangnya dikasih ke Lurah sesuai juklak – juknisnya dan agar para Lurah nanti bisa benar-benar memperuntukkan dana kelurahan bagi kebutuhan masyarakat. Apalagi dana tersebut merupakan usulannya sebagai Ketua Apeksi yang disampaikan langsung pada Presiden. Usulan kami saat penyampaian ke Presiden agar F2 Kelurahan bisa diakomodir. Sekaligus berpesan agar nanti saat ada pelatihan dari Kemendagri agar para Lurah bisa memahaminya betul.

Editor/Penulis: Sugeng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here