Kasal Resmikan Anjungan Utama Pushidrosal

0
24

proaksi.com, JAKARTA — Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, silaturahmi dengan jajaran pemimpin redaksi serta para jurnalis media massa nasional, yang digelar bersamaan dengan pelaksanaan acara Peresmian Anjungan Utama Pusat Hidro Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal), bertempat di Mako Pushidrosal, Ancol Jakarta Utara, Kamis (18/1/2018).

Laksamana TNI Ade Supandi.SE.M.A.P dalam sambutannya mengatakan berterima kasih atas informasi media yang terkadang lebih cepat dari jajarannya.

“Informasi sangat penting dalam upaya pengambilan kebijakan dilingkungan TNI AL, untuk itu seluruh institusi dilingkungan TNI AL hendaknya bisa meningkatkan kerjasama dengan media massa,” harap Kasal.

Dalam kesempatan itu, insan media menerima penghargaan yang diberikan secara langsung oleh Kasal, berdasarkan beberapa kategori yaitu:

  1. Kategori media tv terbanyak pemberitaan TNI AL.
  2. Kategori media tv terbanyak menayangkan profil TNI AL.
  3. Kategori media cetak terbanyak pemberitaan TNI AL.
  4. Kategori media cetak terbanyak menampilkan foto menarik TNI AL.
  5. Kategori media cetak terbanyak menyajikan ulasan menarik tentang TNI AL.
  6. Kategori jurnalis perorangan terproduktif media cetak.
  7. Kategori jurnalis perorangan terproduktif media online.

Digelarnya kegiatan silaturahmi ini, merupakan suatu bentuk ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi dari pimpinan TNI AL dalam hal ini Kasal, atas segala kontribusi/bantuan publikasi dan kerja sama yang baik dari rekan-rekan media secara keseluruhan.

Dalam kesempatan yang sama, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., meresmikan Anjungan Utama Pushidrosal yang menjadi simbolisasi penggunaan sekaligus ungkapan rasa syukur jajaran TNI AL, atas selesainya pembangunan anjungan ini.

Menurut Laksamana TNI Ade Supandi, Pushidrosal merupakan Kotama pembinaan TNI AL yang berkedudukan langsung di bawah Kasal.

Di mana mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan Hidro Oseanografi (Hidros) yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran, baik untuk kepentingan TNI, maupun umum, dan menyiapkan data serta informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AL.

Kontribusi Pushidrosal dalam menyediakan data dan informasi Hidro Oseanografi dalam  memberikan pelayanan keselamatan dan keamanan pelayaran, serta perlindungan lingkungan laut untuk kepentingan sipil maupun militer, telah menunjukan kiprahnya dari waktu ke waktu.

Selain itu juga, Pushidrosal merupakan representatif pemerintah Indonesia di dunia internasional pada bidang Hydrografi.

Antara lain, International Hydrographic Organization (IHO), East Asia Hydrographic Commission (EAHC), dan North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC), serta aktiv menjadi anggota delegasi pemerintah pada diplomasi penyelesaian perbatasan dengan negara tetangga.

Sementara itu Kapushidrosal Laksamana Pertama Harjo Susworo juga memaparkan Renstra Pushidrosal dan menyerahkan Blueprint, dimana lalu lintas Kapal di Indonesia sangat padat dan Pushidrosal telah memberikan petunjuk data jalan laut Indonesia sebagai pintu gerbang ekonomi Indonesia.

Kedepan akan terus membangun kerjasama nasional dan internasional dalam penyediaan data hidrografi dan oseanografi berstandar internasional dengan Peta Laut berbahasa Inggris, bahkan peta yang dulu 2 dimensi namun sekarang sudah 3 dimensi.

“Kemampuan Pushidrosal disamping untuk kekuatan Militer tetapi juga untuk kepentingan sipil serta navigasi bencana, ini dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” tegasnya. (Hendy/Dispenal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here